Wednesday, May 7, 2014

Teks Prosedur Membaca Puisi

Puisi merupakan sebuah karya sastra yang memerlukan penghayatan dalam pembacaan dan pembawaan. Dalam membaca puisi kita harus memperhatikan prinsip-prinsip dalam membacakan puisi, yaitu volume, artikulasi, intonasi, gerak tubuh, mimik wajah, dan pandangan mata. Setelah mengetahui prinsip-prinsip tersebut, kita dapat mengaplikasikan prinsip tersebut ke dalam teknik-teknik membaca puisi di atas pentas dalam dunia nyata.

Berikut merupakan teknik membaca puisi:

  1. Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi atau mengenakan pakaian sesuai dengan isi puisi yang akan kalian baca
  2. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum kalian memulai membaca.
  3. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
  4. Hayatilah puisi yang kalian baca dengan memahami isi dan pesannya.
  5. Bacalah puisi tersebut dengan artikulasi suara yang jelas, dengan volume suara yang dapat menjangkau semua penonton, dan dengan intonasi yang bagus.
  6. Aturlah nafas dengan baik dan menyesuaikan penggalan-penggalan kata, baris, dan bait puisi tersebut.
  7. Pusatkan perhatian kepada puisi yang dibaca dengan mengendalikan diri tanpa terpengaruh oleh penonton.
Semoga bermanfaat bagi Anda :)

1 comment:

  1. Titsanium-Arctic Style Ring Ring Necklace
    The Titsanium-Arctic titanium legs Style titaum Ring Necklace at Titsanium-Arctic titanium network surf freely Style Ring columbia titanium boots Necklace - 5 Oz - Online Grooming & Gifts edc titanium for Women.

    ReplyDelete